Jumat, 21 September 2007

aPL Hotel

aPL Hotel 21+Sistem Informasi Manajemen aPL Hotel 21+ dirancang untuk menangani semua kebutuhan manajemen hotel dan mengelola data-data dari semua unit hotel.
Modul-modul yang tercakup dalam aPL Hotel 21+ yaitu :
1. Front Office
Menangani Reservasi, Registrasi, Checkin, Checkout, Operator Telephon, Bellboy and Concierge.
Penggunaan Member Card dipadukan dengan Bar Code Reader.
Penggunaan kartu dan kunci room.
Penanganan Guest Request dan Customer visit.
Informasi Status Room, Room List, Room List Peridik dan Guest In House yang up to date.
Laporan Periodic Holding Reservation, Reservation Plotting List, Daily Arrival List, Daily Departure List, dan Blocking Room
Informasi Guest List , Guest Bill Active, Guest Must Be Checkout, Guest Lanjut Inap.
Laporan Stastistik Hotel.
2. Front Office Cashier
Menangani pembayaran dari customer dengan Cash, Credit Card, A/R, Charger To Room atau Join Bill.
Room Charge Guest yang masih berada di hotel, Late Checkout, Miscelenous, dan Adjusment Guest Bill.
Sebagai pusat Laporan Penerimaan detail Kas harian dari semua outlet.
Laporan detil pendapatan beserta payment methode dari masing-masing outlet.
Laporan Rekapitulasi pendapatan harian dan Break down pendapatan harian.
Laporan Kas Detail, A/R Detail, Credit Card Detail, dan CTR Detail.
Melakukan Closing Transaction untuk outlet.
3. Outlet - Outlet
Menangani Penjualan produk dan jasa dari masing-masing outlet.
Upto date Stock Produk yang terjual dan terpakai.
Order Slip , Bill dan Payment.
Payment dapat berupa Cash , Credit Card , A/R, dan CTR tergantung portal payment yang di ijinkan.
Join Bill antar Outlet.
Membering dan Ticketing.
Laporan Statistik pendapatan peridik per Outlet yang digunakan bahan analisa dari bagian Marketing.
4. House Keeping
Menangani pemeliharaan kebersihan dari hotel yang meliputi house keeping, linen and laundry.
Room Boy Sheet yang berguna sebagai list pekerjaan yang harus dilakukan oleh room boy.
Room Boy Station untuk mengetahui posisi Room Boy sedang beraktifitas.
Laporan dan informasi lain sesuai dengan kebutuhan hotel.
Informasi up to date kondisi dan status room untuk kebutuhan House Keeping dan Front Office tentang kondisi kamar siap ditempati.
Sebagai Outlet Laundry dan Control Linen Room.
5. Marketing
Menangani pemasaran hotel dalam hal sales call, promotion and sponsorship, function handling, banquette agreement, souvenir and greeting, membership handling, letter agreement, bussiness center, dan lain-lain.
Analisa Statistik dari laporan-laporan dan informasi dari room dan outlet.
6. Cost Control
Menangani masalah inventory atau persediaan barang hotel.
Menangani Purchase Request, Store Room Request, Purchase Order, Delivery Order, Purchasing.
Control Stock and Inventory untuk semua lokasi Produk yang ada.
Penetapan Budget untuk Store Room dari masing-masing outlet.
Kontrol adanya Spoiled Product, Lost Product.
Bersama dengan Income Audit untuk kontrol Costing dari penjualan outlet.
7. Accounting
Terdiri dari General Cashier (GC) , Income Audit (IA), Account Payble (AP) dan Account Recievable (AR).
Pengelompokan pos-pos Rekening untuk kebutuhan jurnal.
Laporan Buku besar tiap akun-akun.
Penerbitan Neraca dan Rugi laba
Statistik Rugi Laba tiap-tiap Departemen.
Menyajikan Laporan keuangan secara upto date untuk digunakan sebagai bahan pembuat keputusan manajerial.
8 Customer and Employee Satisfaction
Menangani masalah kenyamanan dari pelanggan dan pegawai dalam mengikuti sistem hotel.
Meliputi log book, daily complain, request and message and wake up call, house keeping work order, engineering work order, bellboy work order, lost and found, break and lost, news and announcement center.

Tidak ada komentar: