Selasa, 04 Desember 2007

Sumber daya SI

Siklus hidup sistem
Komunikasi rantai tradisional

type of information system

Informasi adalah salahsatu jenis utama sumberdaya yang tersedia bagi manajer dan merujuk pada suatu perusahaan ataupun organisasi baik para pemimpinnya maupun anggota lainya. Informasi dapat dikelola seperti halnya sumberdaya lain, dan perhatian pada topik ini bersumber dari dua pengaruh. Perrtama, bisnis telah menjadi semakin rumit dan kedua, komputer telah mencapai kemampuan yang semakin baik.Output informasi dari komputer digunakan oleh para manajer,non-manajer, serta orang-orang dan organisasi-organisasi dalam lingkungan perusahaan. Aplikasi utama komputer adalah pengelolaan data akutansi, aplikasi tersebut diikuti oleh empat aplikasi lain ; system informasi manajemen (management information system), system pendukung keputusan (decision support system), kantor visual (virtualovicee), dan system berbasis pengetahuan (knowledge-based system).Kelima aplikasi ini membentuk system informasi berbasis komputer (computer-based information system), atau CBIS.Perusahaan-perusahaan membentuk suatu organisasi jasa informasi yang terdiri dari para spesialis informasi untuk menyediakan keahlian dalam pengembangan system berbasis komputer.Para spesialis ini mencakup analisis system(system analyst ), pengelola database (database administrator), spesialist jaringan (network specialists), programmer dan operator. Dalam beberapa tahun terakhir, fpara pemakai telah mulai melakukan sebagian besar para spesialist-suatu fenomena yang disebut end-user computing.Sulit untuk membuktikan nilai ekonomis dari suatu aplikasi komputer, tetapi banyak analisis yang dilakukan umtuk menjustifykasi tiap proyek potensial. Setelah berjalan proyek tersebut berkembang melalui suatu siklus hidup system (system life cycle).
Jenis Jenis Sumber Daya Utama· Manusia· Material· Mesin(termasuk fasilitas dan energi)· Uang· Informasi (termasuk data)
Lima Sumberdaya dasar system informasi · Manusia· Hardware· Software· Data· Networks
Sumberdaya diatas dikelola oleh manager seefektif mungkin.Kita gunakan istilah sumber daya fisik untuk menggambarkan sumberdaya yang dapat disentuh, istilah sumber daya konseptual untuk menggambarkan informasi dan data.
Bagaimana Informasi Dikelola Seluruh aktivitas pengelolaan informasi disebut sebagi manajemen informasi. Pengelolaan meliputi pengambilan data ,merubah menjadi informasi, membuang data yang tidakdiperlukan ,data yang akan diambil dan lain-lain.
Perhatian Pada Manajemen Informasi· Meningkatnya kerumitan Kegiatan Bisnis· Pengaruh Ekonomi Internasional· Persaingan Dunia· Meningkatnya Kerumitan Teknologi· Batas waktu yang semakin singkat· Kendala kendala Sosial· Kemampuan Komputer yang Semakin baik

Informasi semakin ke bawah maka semakin terstruktur
Informasi semakin ke atas semakin tak terstruktur

Di Mana Para Manajer Ditemukan

Tingkat Manajemen Manajer pada puncak hirarki organisasi, seperti direktur dan wakil direktur, sering disebut berada pada tingkat perencanaan strategis (Straregic planning level). Istilah ini menunjukan pengaruh atas keputusan-keputusan yang diambil pada seluruh organisasi selama beberapa tahun mendatang. Manajer tingkat menengah mencakup manajer wilayah, direktur produk, dan kepala divisi. Tingkat mereka dinamakan tingkat pengendalian manajemen (management control level) yang menyadari bahwa tanggung jawab mereka mengubah rencana menjadi tindakan dan memastikan agar tujuan tercapai. Manajer tingkat bawah menyangkut kepala departemen ,penyelia (supervisor), dan pimpinan proyek, yang bertanggung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para manajer di tingkat yang lebih tinggi. Tingkat terendah ini disebut tingkat pengendalian operasional (operational contral level) ,karena disinilah operasi perusahaan berlangsung.Istilah ekskutif sering digunakan untuk menggambarkan seorang manajer pada tingkat perencanaan strategis.
Bidang fungsional disamping berada dalam berbagai tingkat organisasi, manajer juga terdapat pada berbagai bidang functional tiga bidang functional yang tradisional adalah pemasaran,manufaktur dan keuangan.Belakangan ini ada duabidang tambahan yaitu sumberdaya manusia dan jasa informasi.
Apa yang dilakukan para manajer· Fungsi manajemen · Peran manajerial
Seorang manajer harus memiliki kemampuan dalam hal; keahlian manajemen,komunikasi, pemecahan masalah,dan juga pengetahuan manajemen. Hal itu sangat mendukung pengolahan maupun pemanfaatan dari sumber daya informasi.
Sistem dan manajerSystem adalah suatu integrasi elemen -elemen, yang semuanya bekerja menuju satu tujuan.Semua system meliputi tiga elemen utama : · input,· transformasi dan· output.Sebagian system dapat mengendalikan operasi mereka sendiri, dan disebut system lingkaran tertutup (closed-loop system). Sistem lingkaran tertutup mencakup suatu mekanisme pengendalian, tujuan dan ligkaran umpan balik ( feedback loop) di samping tiga elemen utama. Sehingga dengan sistem ini dapat meyakinkan apakah sistem telah memenuhi tujuan.Sistem yang tidak mempunyai kemampuan pengendalikan disebut system terbuka ( open system) , dalam arti semua system atau berhubungan dengan lingkunganya.
Perusahaan adalah suatu contoh system terbuka dan tertutup.Manajer mengelola suatu system fisik yang terdiri dari orang ,material, mesin dan uang. Manajer memantau system fisik tersebut dengan menggunakan system konseptual. Sistem konseptual menyediakan informasi yang menggambarkan keadaan kedaan system fisik perusahaan dan lingkungannya.Para manajer harus memandang unit organisasi mereka dengan pandangan system. Yaitu; mencegah manajer tersesat dalam kerumitan struktur organisasi dan rincian pekerjaan, menyadari perlunya memiliki tujuan yang baik, menekankan akan pentingnya kerjasama dari semua bagian dalam organisasi, mengakui keterkaitan organisasi dan lingkungan, memberi penilaian yang tinggi pada informasi mpan balik yang hanya dapat dicapai dengan cara system lingkaran tertutup.
Komponen dari system informasiFour major concepts yang dapat siaplikasikan pada semua tipe sistem informasi
people, hardware, software, data, dan networks (lima sumber daya dasar sistem informasi)
people resources meliputi end-users dan spesialist IS, hard ware resources meliputi mesin dan media, sofware resources meliputi program dan prosedur, data resources dapat meliputi data dan knowledge bases dan network resources meliputi komunikasi dan networks.
Data resources di transformasikan dalam aktivitas proses informasi menjadi bermacam jenis informasi untuk end users.
Information processing meliputi onput, processing, output, storage dan control activities.
Sumber daya system informasi
People resourcesSpecialist-system analysts, programer,computer operatorEnd users-any one else who uses information sistem
Hard ware resourcesMachines-computers, video monitors, magnetic disk drives, printers, optical scanersMedia-flopy disk, magnetic tape, optical disks, plastic cards, paper formsContoh hard ware based is ; somputer system, computer peropherals
Soft wareProgram-OS, spreadsheet programs, payroll programs, word processing.Procedures-data entry procedures, error correction procedures, peycheck, distributionprocedures.Contoh ; System software, aplication software, procedures.
Data resourcesProduct description, costumer recordsk employee files, inventory databasesThe data redources of IS are typically organized into;· Databases that hold processed and organized data · Knowledge bases that hold knowledge in a variety of forms such as facts, rules, and case examples abour successful vusiness practices.
Network resourcesComunication media, coommunications processors, network access and control software.Include; communications media and network support
Information productManagement reports and bussiness documents using text and graphics displays, audio responses and paper forms.
Perbedaan data dan informasiData mencakup fakta dan angka-angka yang relative tidak berarti, yang diubah menjadi informasi oleh suatu pengolah informasi. Informasi memiliki arti bagi pemiliknya. Pengolah informasi menyediakan informasi dalam bentuk lisan maupun tertulis. Informasi berasal dari sumber-sumber internal maupun lingkungan dan digunakan untuk membuat keputusan untuk memecahkan masalah.
Evolusi system informasi berbasis computer Computer mula mula digunakan sebagai system informasi akutansi (SIA) tapi kemudian disadari memiliki nilai potensi sebagai suatu sitem informasi manajemen (SIM). Selanjutnya perhatian meluas pada system pendukung keputusan (decision support system)- DSS, kantor virtual ( virtual office) dan system berbasis pengetahuan (knowledge-based system ).Kelima bidang aplikasi ini membentuk system informasi berbasis computer( Computer Based Information Sistem ) -CBIS.Sejumlah perusahaan yang mula-mula menggunakan computer membentuk departemen computer dan memberi mereka tanggung jawab atas pengembangan system. Praktek ini berlanjut dengan unit-unit meliputi para specialist informasi seperti analisis system, pengelola database, specialist jaringan ,programmer dam operator. Kita menamakan jasa informasi untuk menggambarkan unit ini.Overview of information system
Enterprise and global interworking; 1990-2000sInternetnetworked information systemsFor eng user, enterprise, and interorganizational computing, communication, and collaboration, including global operations and management on the internet, intranets, extranets and other enterprise and global networks.
Strategic and end user support ;1980-1990sEnd user computing systemsDirect computing support for end user productivity and work group collaborationExecutive information systemsCritical information for top managementExpert systemsKnowledge-based expert advice for end usersStrategic information systemsStrategic products and services for competitive advantage
Decision support; 1970-1980sDecision support systemsInteractive ad hoc support of the managerial decision-making process
Management reporting ;1960-1970sManagement information systemsManagement reports of prespecsified information to support secision making
Data processing ;1950-1960sElectronic data processing systemTransaction processing, record-keeping and traditional accounting applications
Type of information systemsSystem informasi dalam dunia nyata dapat diklassifikasikan dalam beberapa jalan yang berbeda. Contoh beberapa tipe IS dapat di klasifikasikan secara konseptual as either operation atau management information systems.
Dalam transaction processing ada 2 macam
Batch processing ;data inputan dikumpulkan ke dalam batch dan kemudian diproses secara periodic. Berlawanan dengan ral time processing.
Real time ; data inputan langsung diproses
the different focus of major types of information systems.

Type of Information System

Focus
Knowledge management systems
Knowledge-from knowledge workes
Expert systems
Knowledge-from experts
Decision support systems
Decisions-interactive support
Executive information systems
Information-for executives and others
Management information systems
Information-for managerial end users
Transactions processing systems
Data-from business operations
A summary of the major categories of information systems.
Operations supports systems process data generated by business operationsMajor categories are:
Transaction processing systems process data resulting from business transactions, update operational database, and produce business documents.
Process control systems monitor and control industrial processes.
Enterprise collaboration systems support team, workgroup, and enterprise communications and collaboration.
Management support systems provide information and support needed for effective decision making by managers. Major categories are :
Management information systems provide information in the form of prespecfied reports and displays to managers.
Decision support systems provide interactive ad hoc support for the decision making process of managers.
Executive information systems provide critical information tailored to the information needs of executives.
Other categories of information systems can support either operations, management, or strategic applications. Major categories are:
Expert systems are knowledge based systems that provide exper advice and act as expert consultants to users.
Knowledge management systems are knowledge based systems that support rhe creation, organization, and dissemination of business knowledge within the enterorise,
Strategic information systems provide a firm with steategic products, services, and capabilities for competitive advantage.
Business information systems support the operational and managerial applications of the basic business functions of a firm
End-user computingSelama tahun tahun terakhir ini ,banyak pemakai telah mengambil inisiatif untuk mengembangkan aplikasi mereka sendiri daripada bergantung sepenuhnya pada para specialist informasi. Pendekatan ini dinamakan end-user computing atau EUC. Namun pemakai dapat menggunakan para specialist informasi untuk melaksanakan pekerjaan pengembangan atau untuk menjadi konsultan. Sejmlah perusahaan mula-mula menggunakan computer berusaha untuk menjastifikasi sistempengolahan data mereka berdasarkan biaya administrasi yang digantikan ,namun gagal untuk melaksanakan pemberhentian bagi pegawai -pegawai yang tidak diperlukan. Keberhasilan yang lebih besar dicapai dalam usaha peningkatan efisiensi atau peningkatan pengembalian atau investasi. Sekarang sangat susah untuk menentukan nilai rupiah dari output subsystem CBIS berorientasi informasi seperti SIM, DSS, dan system berbasis pengetahuan. Sebaliknya, bobot yang lebih besar diberikan pada ukuran-ukuran subyektif. CBIS berkembang melalui tahap-tahap : perencanaan ,analisis, rancangan, penerapan dan penggunaan. Tahap-tahap ini disebut siklus hidup system dan dapat dilakukan oleh pemakainya sendiri atau pemakai bekerja sama dengan specialist informasi. Bahkan apabila system dikembangkan bersama-sama manajerlah yang bertanggung jawab atas tiap tahap siklus hidup system.

1 komentar:

Aeena56 mengatakan...

mbak,,,, tulisannya susah dibaca

:) super sorry and thanks