Senin, 29 Oktober 2007

OLD Apple-Lisa

"Lisa" adalah Personal computer yang revolusional yang dibuat oleh Apple Computer Inc. Diantara tahun 1980'an. Proyek Lisa dimulai oleh Apple pada tahun 1978 dan dengan pelan-pelan berkembang menjadi proyek mendesain sebuah personal computer yang powerful dengan graphical user interface (GUI) hal ini menjadikan target bisnis untuk para konsumen. Sekitar tahun 1982, Steve Job dipaksa keluar dari proyek Lisa, sehingga Dia lebih memilih bergabung dengan proyek Macintosh. Berlawanan dengan yang diyakini banyak orang, Macintosh bukanlah keturunan langsung dari Lisa, meskipun dengan jelas terdapat banyak kesamaan diantara system-system yang diterapkan.

Hardware
Lisa pertama kali diperkenalkan pada bulan Januari 1983 pada harga $9,995 (sekitar 19.000 dolar di tahun 2005 ini). Saat itu adalah Personal Komputer pertama yang dikomersialkan memiliki GUI dan mouse. Lisa saat itu menggunakan Motorola 68000 CPU pada 5 MHz Clock rate dan memiliki 1 MB RAM. Pada Lisa terdapat dua macam tambahan, floppy disk drive 5¼ inch didesain dengan dua pasang head, satu per sisi, yang dapat bekerja secara independen. Drive ini membutuhkan media tambahan dengan dua pembuka head. Mereka diberinama drive "Twiggy". Hard drive external 5 MB Apple ProFile (yang originalnya didesain untuk Apple III) juga ditawarkan. model selanjutnya dari Lisa II menggunakan floppy single disk drive 3½ inch dan dengan pilihan 5 atau 10 MB hardisk internal. Pada 1984 diwaktu yang sama secara resmi macintosh telah diresmi-kan, Apple mengumumkan bahwa mereka memberikan 5 MB hard drive secara Gratis kepada peng-upgrade pemilik Lisa 1.

Software
Operating system (OS) “Lisa” memiliki keistimewaan antara lin kooperatif (non-preemptive) multitasking dan memiliki virtual memory, yang merupakan fitur-fitur sangat canggih untuk sebuah PC. Kegunaan virtual memory untuk menggandakan system disk yang lambat yang dikarenakan performa system yang kelihatannya lembam pada waktu tersebut. Pada dasarnya, “Lisa” menyerupai Xerox Star dalam hal system komputerisasi impian untuk kantor; maka dari itu, Lisa memiliki 2 user mode utama: “The Lisa Office System” dan “The Workshop”. “The Lisa Office System” adalah system GUI untuk pengguna-pengguna akhir. “The Workshop” adalah program pengembangan system dan hampir semuanya menggunakan text, meskipun menggunakan GUI text editor. “The Lisa Office System” akhirnya dirubah namanya menjadi”7/7”, yang mengacu pada 7 program aplikasi didalamnya. [vin]


Tidak ada komentar: