Rabu, 10 Oktober 2007

CoMpiler ModeL NUmeRik


Paper menyajikan desain prosesor bahasa domain-spesifik (domain-specific language (DSL)) yang mengunakan sebuah koleksi aljabar orde pertama, persamaan-persamaan differensial atau beda (difference) sebagai masukan dan menghasilkan sebuah kode executable yang mengerjakan/melaksanakan simulasi numerik real-time dari model yang dideskripsikan oleh persamaan-persamaan tersebut.

DSL merupakan suatu pendekatan rekayasa perangkat lunak umum yang dalam kasus ini memungkinkan (i) pengkodean yang mudah bagi berbagai variasi target, dan ii) enkapsulasi dan pemisahan yang baik model pemakai terhadap OS yang melingkupi dan lingkungan simulasi.

Fitur kunci dari desain adalah bahasa menengah yang merupakan sebuah varian dari lambda calculus yang diperkuat dengan semantik alokasi memori, sehingga memungkinak compiler membangkitkan sebuah representasi statis ’stack/heap’ yang digunakan oleh model, dan menjamin bahwa seluruh operasi memori melalui simulasi memiliki waktu konstan. Desain dideskripsikan disini menggunakan transformasi ‘type-preserving ‘ yang menjamin bahwa dengan model input yang benar secara sintaks, akan menghasilkan kode keluaran yang benar, dan tentunya menghemat memori juga.

Tidak ada komentar: